Rainbow Cake Kukus ala Ny. Liem.. Mudah dan Praktis Cukup Pakai 1 Loyang!

Pertama kali aku bikin rainbow cake ala ny. liem yang dipanggang sangat menyedihkn, gatot alias gagal total :D , karena gara-garanya ovenku ukuranya sangat kecil, jadinya antri ketika memanggang perloyangnya, akhirnya adonan yang di biarkan antri menjadi ambleg dan kalo adonannya udah gitu ternyata menteganya ngendap di bawah bund, sedih banget.

Alhamdullilah aku menemukan resep rainbow yang steamed ini karena setelah aku lihat-lihat step by step bikinya cukup mudah, praktis, irit cucian dan waktu, sebab kita hanya tinggal mengukukusnya, lalu tumpukan perlayernya tidak perlu di bagi-bagi menjadi 6 loyang seperti rainbow yang dipanggang.



Kebetulan keluarga dan anak-anak ku menyukai rainbow cake, maka aku putuskan untuk mencoba bebikinan rainbow cake lagi setelah kemaren-kemaren gagal semangat hehehe.... selain itu bund rainbow ny liem ini cukup irit cuma pakai 4 butir telor saja hehehe....

Dan alhamdullilah hasil rainbow kali ini sangat sukses dan lancar tidak ada hambatan yang menerpaku, namun untuk kali ini aku bikin rainbow polosan tanpa buttercream soalnya penyakit malesku datang dan juga mesti nyiapin masakan untuk sang suami makan siang....

Rainbow Cake Kukus ala Ny. Liem

Bahan-bahan
  • 4 butir telur ayam
  • 190 gram gula pasir yang butirannya halus
  • 1 sendok teh emulsifier atau sp (aku pake TBM)
  • 150 gram tepung terigu kunci atau segitiga
  • 3/4 sendok teh vanilli cream bubuk
  • 1 sachet susu bubuk (aku pake Dancow)
  • 150 gram minyak goreng
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • Pewarna/esens sesuai selera ya bund bebas

Cara Membuat:
  1. Apabila bahan-bahan di atas sudah siap, kocok 4 butir telur dengan 190 gram gula pasir, 1 sendok teh emulsifier sampai kental berjejak.
  2. Campurkan 150 gram minyak goreng dengan 1 sachet susu kental manis, aduk rata dan sisihkan.
  3. setelah itu masukkan dan campuran dengan 150 gram tepung terigu, 1 sachet susu bubuk secara bergantian dengan campuran minyak goreng dan susu kental manis ke dalam kocokan telor tadi, sambil di kocong menggunakan mixer kecepatan rendah, lalu matikan mixer, kemudian aduk balik menggunakan spatula sampai rata.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, untuk di kasih warna dan kasih warna sesuai selera bunda ya, kalo aku hanya menggunakan 5 warna saja karena kebetulan hari ini lagi baking blue today hehehe
  5. Persiapkan loyang, lalu lapisi dengan kertas roti, kalo aku pakai loyang yang bulat berukuran 18 cm, jadinya mepet banget sampai-sampai mau tumpah bund.
  6. Tuangkan adonan warna 1 ke dalam loyang lalu kukus selama 5 - 6 menit perwarnanya, kemudian tumpuk lagi dengan adonan warna yang lain sampai semuanya selesai, dan setelah semua warna adonan lengkap, kukus kembali selama 15-20 menit atau hingga matang.

Alhamdullilah hasilnya terlihat cantik tidak seperti yang pertama aku bikin, karena kali ini cukup mudah, cepat kilat, dan cucian tidak terlalu banyak hehehe senangnya....
Aku sarankan bunda pakai buttercream yang menyajikannya supaya rasanya lebih gurih, dan kebih enak, kalo ini rasanya cukup ringan dan aroman vanillanya cukup menggoda.

Selamat mencoba!...

0 Response to "Rainbow Cake Kukus ala Ny. Liem.. Mudah dan Praktis Cukup Pakai 1 Loyang!"

Post a Comment