Resep Pempek Super Irit Tanpa Ikan. Enak dan Gurih!

Resep ini adalah salah satu solusi yang murah meriah untuk menikmati pempek setiap hari atau tambahan bakulan bunda. Resep dasar nya saya pakai resep pempek dos Ny.  Liem, silahkan bunda memodifikasi dengan selera masing-masing atau bunda bisa menambahkan irisan daun bawang, keju parut, bawang putih halus, ebi kering halus, dan lain lain. 



Atau ada juga yang menggunakan air rebusan tulang ikan tenggiri untuk rasa kaldu ikannya, serta jika bunda meniadakan pemakaian telur juga pempeknya tetap  akan terasa enak kok.

Pempek Dos Ny.  Liem

Bahan-bahan :
  • 250 ml air
  • 2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 125 gram terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 200 gram tepung sagu
  • 2 sendok makan minyak goreng


Cara membuat pempek tanpa ikan

1. Rebus air, dengan kaldu dan garam sampai mendidih, lalu kecilkan api, dan masukkan tepung terigu, Aduk asal rata saja dengan cepat, dan Angkat.

2. Pindahkan adonan ke dalam wadah lain dan masukkan minyak, aduk hingga rata.

3. Masukkan telur, aduk rata. Biasanya aku suka menggunakan food processor untuk mencampurkan minyak dan telur, caranya adalah masukkan minyak, telur, dan adonan yang sudah dimasak ke dalam food processor, lalu proses sebentar sampai semuanya tercampur rata, namun untuk kali ini saya aduk manual saja hanya menggunakan sendok kayu.

3. Adonan yang sudah tercampur rata tersebut, bunda biarkan beberapa saat sampai dingin.

4. Setelah dingin tambahkan tepung sagu, lalu uleni sampai rata menggunakan tangan.

5. Kebetulan di rumah masih ada sisa sedikit telur puyuh, maka aku jadikan sebagai bahan isiannya. Untuk supaya lebih mudah dalam membentuk pempek nantinya, telur puyuh tersebut bisa bunda rebus terlebih dahulu.

6. Harap bunda maklum ya bentuk pempek kali ini terlihat tidak begiyu cantik hehehe tapi untuk rasanya jangan di tanya...

7. Kini pempek dos siap untuk di rebus.

8. Adonan pempek dos ini teksturnya lebih lembut namun tidak begitu lembek seperti halnya pempek yang memakai ikan

9. Rebus pempek dalam air mendidih yang sudah di beri sedikit minyak. dan masak hingga pempek mengapung dan matang.

10. Angkat pempek dan tiriskan.

Pempek dos ini bisa bunda sajikan langsung setelah direbus atau bisa di goreng terlebih dahulu untuk bunda yang suka yang kering di luar dan sajikan dengan cuko yang sedaaaaap.

Selamat mencoba dan baca juga

0 Response to "Resep Pempek Super Irit Tanpa Ikan. Enak dan Gurih!"

Post a Comment